Selasa, 29 Juni 2010

pasti

Pasti Gemilang Jejak ku

Saat lulus SMA, saya mendaftar ke dua perguruan tinggi negeri. Saya diterima di statistika IPB melalui jalur USMI IPB dan geografi UI melalui jalur SIMAK UI, tapi karena berbagai pertimbangan, saya memutuskan untuk memilih statistika IPB. Departemen statistika adalah mayor pilihan pertama saya pada saat mendaftar USMI IPB. Saya menempatkan mayor statistika pada pilihan pertama, karena saya merasa tertarik dengan bidang ilmu yang diajarkan. Ketertarikan saya pada bidang statitika karena beberapa alasan, diantaranya : 1) pada mayor statistika lebih banyak menganalisis data dan merupakan pengkhususan dari bidang matematika, yang pada saat masih SD, SMP, dan SMA saya menyukai mata pelajaran matematika, 2) dahulunya departemen statistika IPB merupakan departemen statistika terbaik se-Asia Tenggara, walau kini sudah tidak menyandang predikat tersebut, tapi saya ingin menjadi bagian dari mahasiswa statistika IPB yang nantinya akan membangkitkan kembali reputasi statistika IPB.

Hal yang saya kemukakan di atas adalah pikiran saya ketika lulus SMA.

Realita yang terjadi di Indonesia saat ini, banyak orang yang mendewakan jabatan dan kekuasaan. Akan tetapi ketika jabatan berhasil diraih, tidak banyak dari mereka yang menjalankan tugas dan kewajibannya dengan tulus dan atas dasar nasionalisme, tidak sedikit juga dari mereka yang menyalahgunakan wewenangnya, bahkan sampai pada tindak korupsi. Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya tindak korupsi, diantara banyak penyebab saya tertarik pada salah satunya, yaitu pengelolaan keuangan yang kurang transparan dan kurang ketatnya pengawasan lembaga pemerintahan dalam mengawasi jalannya aliran uang pemerintahan, yang dapat memberi peluang para pejabat baik tingkat rendah hingga pejabat tinggi untuk melakukan tindak korupsi.

Motivasi saya kini berubah. Saya, sebagai generasi muda, sangat berkeinginan turut berpartisipasi untuk berkontribusi dalam membersihkan Negara ini dari para koruptor, dengan ikut mewujudkan tata kelola keuangan Negara yang akuntabel dan transparan, serta ikut mengawasi jalannya aliran uang, oleh karenanya saya membutuhkan ilmu pengetahuan, beberapa diantaranya menguasai teknik pengumpulan, pengolahan, dan analisis data. Keinginan tersebut dapat diwujudkan dengan bekerja di lembaga – lembaga pemerintahan, tapi saya harus menguasai kemampuan dasar statistika, sehingga saya memilih mayor statistika sebagai jurusan saya, yang berada pada fakultas MIPA.

Selain kebutuhan akan dasar statistika, saya juga membutuhkan beberapa ilmu pendukung, diantaranya ilmu manajemen, sehingga saya memutuskan untuk mengambil minor manajemen.

Tingkat pertama masa perkuliahan sudah saya lewati, tersisa tiga tingkat yang harus saya jalani. Terselesaikannya empat tingkat perkuliahan, berakhir juga masa perkuliahan saya dan saya akan diwisuda menjadi sarjana statistika dengan minor manajemen. Rencana lima tahun setelah saya lulus di antaranya: 1) tahun pertama setelah lulus, saya akan mencari beasiswa S2 di dalam atau keluar negeri tapi prioritas saya ke Jerman, apabila ada kendala, saya akan mencari pekerjaan lebih dulu; 2) tahun kedua saatnya saya menikmati pekerjaan, di tahun ini saya berharap dapat mengikuti tes CPNS; 3) tahun ketiga, saya harus memiliki usaha sampingan di luar pekerjaan tetap saya, yang akan dikelola keluarga; 4) tahun keempat, tahun penuh harapan, saya berharap penuh agar di tahun ini tabungan saya cukup untuk memberangkatkan ayah ke Tanah Suci, Mekah, dan saya juga berharap ada kemajuan pada bidang pekerjaan saya; 5) tahun kelima, saya harap ini tahun yang indah untuk dapat melangsungkan . Untuk tambahan, saya ingin bekerja di BPK atau Depkeu, tapi saya sulit mengkonsepkan ditahun berapa saya dapat mencapainya.

Dalam pengkonsepan rencana lima tahun tersebut, saya mengingat HR. Bukhari yang Rasulullah SAW bersabda, ” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain ”. Hidup yang kita jalani hanya sementara, kita harus memanfaatkannya untuk mendapat ridho-Nya.

Rencana di atas dapat tercapai, apabila saya dapat meng- up grade diri secara kontinu. Waktu sudah terlewatkan kemarin saya tidak aktif mengikuti kegiatan kampus, tapi disisa waktu saya menjadi mahasiswa, saya niatkan untuk aktif mengikuti organisasi – organisasi dan kegiatan – kegiatan kampus.

Semua hal yang tertulis diatas, merupakan suatu rencana yang saya konsepkan. Semua hasil saya serahkan pada Allah yang maha menentukan, tanpa mengurangi semangat saya untuk kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas.


Eka Risna Rahmawati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar